Waspada, Ternyata Cacar Monyet Bisa Menular dari Hewan ke Manusia

Selasa, 24 Mei 2022 – 22:15 WIB
Waspada, Ternyata Cacar Monyet Bisa Menular dari Hewan ke Manusia - JPNN.com Lampung
Penyakit cacar monyet. Foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

lampung.jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengungkapkan cacar monyet merupakan zoonosis yang berarti penularannya berasal dari hewan.

"Virus ini menular dari hewan ke manusia dan juga saat ini ada penularan dari manusia ke manusia," kata Syahril, dilansir dari JPNN.com, Selasa (24/5).

Dia menjelaskan penularan virus itu bisa terjadi melalui droplet pernapasan, lesi kulit, darah, air liur, dan cairan tubuh lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut monkeypox sebagai penyakit yang memerlukan perhatian masyarakat global.

Sebab, sebagian besar kasus yang dilaporkan berasal dari pasien yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke negara-negara endemis.

Adapun negara-negara endemis monkeypox yang ditetapkan WHO ialah Benin, Sudan Sealatan, Ghana, Kamerun, Republik Afrika Tengah, dan Republik Demokratik Kongo.

Selain itu, ada pula Gabon, Pantai Gading, Liberia, Nigeria, Republik Kongo, dan Sierra Leone.

WHO mencatat 11 negara nonendemis cacar monyet telah melaporkan 61 kasus sejak 14 Mei 2022.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengungkapkan cacar monyet merupakan zoonosis yang berarti penularannya berasal dari hewan.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News