Ribuan Masyarakat Bandar Lampung Terinfeksi HIV

Kamis, 01 Desember 2022 – 20:00 WIB
Ribuan Masyarakat Bandar Lampung Terinfeksi HIV  - JPNN.com Lampung
Peringatan Hari HIV/AIDS Sedunia 2022 di Bandar Lampung. Kamis, (1/12/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menyiapkan sebanyak 31 puskesmas yang bisa memberikan pelayanan tes HIV/AIDS kepada masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung Desti Mega Putri mengatakan bagi masyarakat yang terinfeksi HIV akan diberikan obat.

Dia mengungkapkan bahwa tes dan obat HIV/AIDS yang diberikan di puskesmas pun tidak pungut biaya atau gratis, asalkan mereka memiliki indikasi penyakit tersebut.

"Untuk di Bandar Lampung memang jumlah yang terinfeksi HIV/AIDS cukup banyak, hal tersebut karena mereka sadar untuk dites, kemudian dengan banyaknya diketahui orang yang terinfeksi HIV/AIDS penyebarannya pun bisa ditekan," kata dia.

Koordinator Konsorsium Penggiat HIV Kota Bandar Lampung Mumu mengatakan bahwa berdasarkan data yang dimilikinya jumlah orang yang terkena HIV/AIDS berjumlah kurang lebih 2.700 orang.

"Catatan kami ada 2.700 orang di kota ini yang terinfeksi HIV/AIDS di tahun 2022," kata dia.

Menurutnya, data HIV/AIDS setiap tahunnya akan terus meningkat, sebab pengidap penyakit ini seperti gunung es, di mana mereka yang sudah terdata merupakan orang-orang yang telah dites dan terinfeksi.

"Maka kami juga terus mengajak setiap orang yang memiliki prilaku prilaku yang beresiko terinfeksi HIV/AIDS untuk segera tes, namun nyatanya hingga kini masih banyak yang belum tes," kata dia.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menyiapkan sebanyak 31 puskesmas yang bisa memberikan pelayanan tes HIV/AIDS
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News