Ibu-ibu yang Mau KB, Silakan Menggunakan Alat Ini

Senin, 06 Februari 2023 – 16:00 WIB
Ibu-ibu yang Mau KB, Silakan Menggunakan Alat Ini  - JPNN.com Lampung
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo saat meninjau masyarakat yang melakukan program KB di Kecamatan Panjang, Bandar Lampung, Senin (6/2/2023). ANTARA/Dian Hadiyatna.

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyebutkan program Keluarga Berencana (KB) dengan memakai alat kontrasepsi intra uterine device (IUD) atau spiral aman untuk digunakan.

Hal tersebut diungkapkan saat dia melakukan kunjungan kerja ke Bandar Lampung.

"Spiral ini aman tidak mengandung hormon. Dia (spiral) benda yang ditaruh di dalam rahim, tidak akan lari kemana-mana seperti badan dan jantung dan lainnya," katanya dikutip Antara, Senin (6/2).

Menurutnya, KB dengan spiral cukup bagus dan dapat menjaga kesehatan ibu, sehingga dirinya pun meminta kepada kader-kader KB dapat memberikan contoh kepada masyarakat bahwa penggunaan spiral untuk program KB aman dan bagus.

"Ini, kader KB di Bandar Lampung sudah ada yang pakai spiral, ini bagus sebagai contoh bagi masyarakat. Terlebih jaraknya 5 tahun dan anaknya ada dua ini yang bagus," kata dia pula.

Selain itu, Hasto juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa jarak kelahiran yang aman untuk usia tua yakni 35 tahun, sehingga sebaiknya perempuan yang sudah berumur tidak melahirkan lagi.

"Jadi, kalau sudah umur 38 tahun sebaiknya tidak melahirkan karena risiko tinggi," kata dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bandar Lampung Santi Sundari mengatakan bahwa memang saat ini masyarakat paling banyak memakai suntikan, pil dan kondom untuk program KB karena lebih mudah dan tidak mengerikan.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyebutkan program Keluarga Berencana (KB)
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News