BMKG Lampung Mengeluarkan Peringatan Dini Pasang Air Laut, Masyarakat Diimbau Waspada!

Kamis, 11 Agustus 2022 – 15:50 WIB
BMKG Lampung Mengeluarkan Peringatan Dini Pasang Air Laut, Masyarakat Diimbau Waspada! - JPNN.com Lampung
Gelombang Air Laut. Foto: Antaranews

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Panjang mengeluarkan peringatan pasang air laut di sejumlah Pesisir Laut Lampung pada 12-14 Agustus 2022.

Peringatan itu sesuai dengan Nomor ME.01.02/008/KLMP/VIII/2022.

Forecaster On Duty Achmad Raflie Pahlevi mengatakan bahwa ada fase bulan purnama yang bersaman dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) pada 10 Agustus 2022.

"Fase itu berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut yang lebih signifikan," katanya, Kamis (11/8).

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada sekitaran pesisir untuk tetap waspada dengan adanya peningkatan ketinggian pasang air laut.

"Jadi, lokasinya ada di beberapa titik di antaranya Pesisir Bandar Lampung, Pesisir Tanggamus , Pesisir Lampung Selatan, Pesisir Pesawaran, dan Pesisir Lampung Timur," jelas Achmad.

Achmad menjelaskan kondisi ini secara umum  dapat menggangu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Bahkan, adanya kondisi seperti terganggu juga aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Panjang mengeluarkan peringatan pasang air laut
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News