BMKG Ungkap Penyebab Banjir Rob, Nih Ada Info Penting, Simak!

Selasa, 17 Mei 2022 – 12:10 WIB
BMKG Ungkap Penyebab Banjir Rob, Nih Ada Info Penting, Simak! - JPNN.com Lampung
Kondisi setelah banjir rob. Foto: Yosephin Wulandari/ JPNN.com

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandar Lampung minta masyarakat Pulau Pasaran, Kecamatan Teluk Betung Barat tetap waspada adanya banjir rob yang melanda permukiman warga setempat.

Hal itu diungkapkan Forecaster BMKG Stasiun Maritim Panjang Rifki Arif yang mengatakan bahwa banjir rob akan terus berlangsung sejak 16-21 Mei 2022. 

"Rata-rata ketinggian air laut karena banjir rob mencapai 1,6 meter, dan puncaknya terjadi pada pukul 07.00 - 10.00 WIB. Jadi, kami minta masyarakat sekitar lokasi tetap waspada atas potensi bencana ini," katanya Selasa (17/5). 

Dia mejelaskan penyebab banjir rob dikarenakan fase perigee atau jarak terdekat bumi, bulan, serta faktor meteorologis lain.

"Seperti angin kencang yang mencapai 20 knots, serta meningkatkan gelombang di wilayah Teluk Lampung dan sekitarnya," tambah Rifki 

Rifki mengungkapkan beberapa hari ke depan angin akan bertiup dari Timur – Selatan dengan kecepatan maksimum dapat mencapai 20 knot, serta pasang maksimum mencapai 1.6 meter. 

"Jadi, kami imbau masyarakat yang berada di wilayah Pesisir Bandar Lampung agar tidak mendekati ke laut hingga rob surut," pungkasnya. 

BMKG memperkirakan puncak banjir rob di wilayah Pesisir Bandar Lampung dan sekitarnya: 

Banjir Rob Capai 1.6 Meter, BMKG Maritim Panjang minta masyarakat tetap waspada.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News