Agus Gumiwang Sebut Alasan Pemerintah Memilih Lampung Tuan Rumah Penyelenggaraan Gernas BBI 2022

Kamis, 23 Juni 2022 – 22:00 WIB
Agus Gumiwang Sebut Alasan Pemerintah Memilih Lampung Tuan Rumah Penyelenggaraan Gernas BBI 2022 - JPNN.com Lampung
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara Harvesting BBI Lagawi Fest 2022 di Tegal Mas Lampung. Foto: Kominfo Provinsi Lampung.

lampung.jpnn.com, PESAWARAN - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa kekayaan dan daya saing industri pengolahan Provinsi Lampung adalah salah satu alasan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Gernas BBI 2022.

Dia mengatakan pada 2021 sektor industri pengolahan di Provinsi Lampung tumbuh sebesar 4,57 persen.

Persentase itu merupakan penyumbang terbesar kedua terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PPDB) di Lampung yaitu sebesar 19,65 persen.

"Tercatat sebanyak 192.234 UMKM. Angka itu salah satu persentase penyumbang terbesar PDRB," kata dia, di Pulau Tegal Mas, Lampung, Kamis (23/6).

Agus Gumiwang, Kementerian Perindustrian konsisten memberdayakan pelaku IKM melalui penguasaan teknologi e-business melalui program e-Smart IKM.

“Program e-Smart IKM Kementerian Perindustrian telah berjalan sejak 2017 lalu. Sampai saat ini telah melatih 22.515 pelaku IKM di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, melalui esmartikm.id sebanyak 478 IKM yang mendaftar untuk bergabung dalam acara Legawi Fest di Lampung.

Pendaftaran itu mulai 27 Februari hingga 6 Maret 2022. Dari ratusan IKM yang mendaftar ada 30 IKM terpilih yang berhak menjalani pendampingan intensif.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa kekayaan dan daya saing industri pengolahan Provinsi Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News