Peringati HUT ke-77, Danbrigif 4 Marinir Pimpin Pengibaran Bendera Bawah Laut, Perhatikan Tuh

Rabu, 17 Agustus 2022 – 11:54 WIB
Peringati HUT ke-77,  Danbrigif 4 Marinir Pimpin Pengibaran Bendera Bawah Laut, Perhatikan Tuh  - JPNN.com Lampung
Petugas pengibar bendera dari Brigade Infanteri 4 Marinir/BS di bawah Laut Pulau Pahawang. Foto: Dokumentasi Brigade Infanteri 4 Marinir/BS

lampung.jpnn.com, PESAWARAN - TNI AL menggelar upacara pengibaran bendera merah putih HUT ke-77 Kemerdekaan RI di bawah laut. Pengibaran bendera merah putih dilakukan para penyelam handal.

Pengibaran di bawah laut serentak dilaksanakan di 77 lokasi seluruh Indonesia dan berpusat di Pulau Putri, Kepulauan Seribu yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Berdasarkan data Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) ada 886 penyelam yang terdiri dari prajurit TNI AL, TNI, Polri, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, klub selam, dan masyarakat yang berpatisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini, sekaligus untuk memecahkan rekor MURI.

Di Lampung sendiri pengibaran di bawah laut dilaksanakan di Pulau Pahawang, dan dipimpin oleh Brigade Infanteri 4 Marinir/BS yang melibatkan 50 personel gabungan, baik TNI-Polri maupun anggota klub selam Lampung.

Pantauan JPNN Lampung, kegiatan upacara di Pulau Pahawang diikuti para anak-anak sekolah dasar dari SD N 8 Marga Punduh, serta masyarakat pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran.

Komandan Brigif 4 Marinir/BS, Kolonel Marinir Harry Indarto mengatakan bahwa di Lampung yang menjadi petugas dan peserta upacara yakni dari Polairud Polda Lampung, Kodim 0410/KBL, Brimob, Klub Selam Corona, Lampung Scuba, Lampung Dive Club.

"Peserta upacara menggunakan kapal serta perahu karet," katanya saat diwawancarai seusai pengibaran bendera, Rabu (17/8).

Kegiatan ini bertujuan untuk  bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat demi kejayaan maritim Indonesia, sesuai dengan tema HUT ke-77 RI.

TNI AL menggelar upacara pengibaran bendera merah putih HUT ke-77 Kemerdekaan RI di bawah laut. Pengibaran bendera merah putih dilakukan para penyelam handal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News