Gempa 4,9 Magnitudo Mengguncang Tanggamus, Getaran Hingga Lampung Barat

Selasa, 13 September 2022 – 20:43 WIB
Gempa 4,9 Magnitudo Mengguncang Tanggamus, Getaran Hingga Lampung Barat  - JPNN.com Lampung
Gempa di Tanggamus, Lampung. Foto: BMKG Lampung

lampung.jpnn.com, TANGGAMUS - Gempa bumi dengan kekuatan 4,9 SR mengguncang Barat Daya, Kabupaten Tanggamus pada Selasa 13 September 2022, sekitar pukul 18.18 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto melalui website BMKG Lampung mengatakan mengatakan hasil analisis menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,9. Episenter terletak pada koordinat 5.7 LS dan 104.25 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 53 kilometer Barat Daya Tanggamus pada kedalaman 41 kilometer.

Jenis dan mekanisme gempa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

Dia menjelaskan gempa dapat dirasakan di wilayah Krui, Liwa, dan Tanggamus dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hartanto mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi di http://www.bmkg.go.id.(mar10/jpnn)

Gempa bumi dengan kekuatan 4,9 tektonik mengguncang Barat Daya, Kabupaten Tanggamus pada Selasa 13 September 2022, sekitar pukul 18.18 WIB.

Redaktur & Reporter : Sandy Fernando

Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News