Viral! Petani Sayuran di Lampung Membuang Hasil Panen Tomat ke Jurang

Sabtu, 21 Januari 2023 – 16:45 WIB
Viral! Petani Sayuran di Lampung Membuang Hasil Panen Tomat ke Jurang  - JPNN.com Lampung
Petani sayuran di Lampung Barat mengeluhkan harga tomat anjlok. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, LAMPUNG BARAT - Sejumlah petani di Pekon Hanakau, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat membuang ratusan kilogram buah tomat hasil panen ke jurang.

Melansir Antara Lampung petani membuang satu peti tomat ke jurang itu terekam dalam sebuah video amatir. Kemudian terlihat sejumlah peti berisi tomat matang lainnya yang berada di mobil pick up.

"Tomat murah enggak laku, lebih mahal kotaknya daripada buah tomat," ujar salah seorang petani yang ada dalam video tersebut, dikutip Sabtu (21/1).

Selanjutnya salah seorang petani tomat, Pudin, mengatakan, petani merasa kesal. Sebab, saat ini harga tomat anjlok, hanya berkisar di harga Rp 600 sampai Rp 800  per kilogram.

"Pasarannya lagi sepi, peminatnya kurang, sedangkan yang panen banyak, sekarang harga hanya Rp 800, enggak ketutupan sama modalnya," keluh Pudin.

Menurutnya, harga tomat saat ini sudah jauh turunnya karena harga standar tomat bulan lalu berkisar harga Rp 4000 per kilogram. Namun, saat ini yang terjadi harga tomat turun hingga harga Rp 600 sampai Rp 800 rupiah per kg.

Dia menjelaskan dalam sekali panen petani bisa menghasilkan 400 hingga 500 kotak, hal itu juga  tergantung luas lahan tanam.

Dalam satu kotak tersebut, bisa mencapai 50 kg,  dengan masa tanam selama 80 hari.

Sejumlah petani di Pekon Hanakau, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat membuang ratusan kilogram buah tomat hasil panen ke jurang.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia