Petani Cokelat di Lampung Mendapatkan Kabar Gembira dari Disperindag

Minggu, 20 November 2022 – 08:25 WIB
Petani Cokelat di Lampung Mendapatkan Kabar Gembira dari Disperindag - JPNN.com Lampung
Kepala Disperindag Provinsi Lampung. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung memfasilitasi perbaikan kualitas produk cokelat yang ada di daerahnya agar lebih kompetitif di pasar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni mengatakan di Provinsi Lampung sudah ada pelaku usaha industri cokelat dengan kualitas premium.

"Ini harus diperluas," kata dia dilansir Antara Bandar Lampung, Minggu (21/11).

Perluasan industri pengolahan kakao menjadi cokelat di Lampung perlu dilakukan. Sebab, komoditas tersebut memiliki potensi ekspor yang cukup tinggi.

"Terus difasilitasi untuk perbaikan kualitas produk cokelat. Bila peluang ekspornya bagus dan ada kebijakan untuk ditingkatkan akan terus kami dorong pelaku usaha yang sudah baik serta IKM yang ada di daerah agar meningkatkan kapasitas produksi," katanya.

Dia menjelaskan dalam memfasilitasi perbaikan kualitas produk cokelat Lampung, pihaknya akan memberikan bantuan alat bagi petani untuk pengelolaan serta memfermentasi biji kakao.

"Jadi, nanti ada bantuan alat, minimal dapat membantu petani untuk mengelola biji kakao panen yang dihasilkan. Dari awalnya hanya menjual biji mentah, agar bisa difermentasikan serta diolah menjadi bubuk cokelat hingga mendapatkan nilai tambah," ucap dia.

Dia mengharapkan pula pabrik mampu menerima hasil olahan kakao menjadi bubuk cokelat milik petani yang telah di olah secara mandiri.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung memfasilitasi perbaikan kualitas produk cokelat yang ada di daerahnya agar lebih kompetitif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News