BPBD Lampung Siapkan Logistik, Antisipasi Bencana Alam saat Transisi Cuaca

Rabu, 11 Oktober 2023 – 09:30 WIB
BPBD Lampung Siapkan Logistik, Antisipasi Bencana Alam saat Transisi Cuaca - JPNN.com Lampung
BPBD Lampung siapakan bantuan logistik mengahadapi masa transisi cuaca. Foto: Dok JPNN Lampung

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi akan terjadi musim hujan pada awal November 2023.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah melakukan antisipasi adanya bencana banjir.

Hanya saja, pihaknya saat ini masih menunggu surat dari BNPB untuk landasan pelaksanaan langkah antisipasi bencana itu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Lampung Joni Toyib mengatakan BPBD telah menyiapkan logistik seperti makanan siap saji berupa beras, mie instan, dan berbagi makanan lainnya.

"Peralatan untuk teknis penyelamatan juga sudah disiapkan, seperti perahu karet, jaket pelampung. Alat itu juga dapat digunakan untuk keperluan wilayah kabupaten dan kota," kata dia, dikutip Antara, Rabu (11/10).

BPBD juga melakukan pendampingan kepada BPBD kabupaten dan kota untuk menghadapi ancaman bencana banjir di setiap daerah.

"Pendampingan kepada kabupaten dan kota akan terus dilaksanakan agar langkah mitigasi bisa dilakukan, kalau nanti sudah di musim penghujan dan ada potensi serta risiko banjir semua sudah siap siaga," tambahnya.

BMKG telah memprediksi musim kemarau akan berakhir di sebagian besar wilayah Indonesia mulai akhir Oktober ini, dan awal musim hujan secara bertahap dimulai pada awal November 2023. 

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi akan terjadi musim hujan pada awal November 2023.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia