Ribuan Jemaah Calon Haji Lampung Gagal Berangkat, Ini Penyebabnya

Selasa, 07 Juni 2022 – 06:42 WIB
Ribuan Jemaah Calon Haji Lampung Gagal Berangkat, Ini Penyebabnya - JPNN.com Lampung
pPersiapan keberangkatan Jemaah Calon Haji Lampung. Foto: Humas Kominfotik Lampung

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung menyebutkan sekitar 3.500 jemaah calon haji (JCH) yang tertunda keberangkatannya pada ibadah haji tahun ini.

Kepala kanwil Kemenag Provinsi Lampung Puji Raharjo mengatakan bahwa JCH yang tertunda berangkat tersebut dikarenakan tidak masuk ke dalam kelompok terbang (kloter) serta adanya peraturan batas usia.

"Jadi, sebanyak 3.500 calon haji itu gagal berangkat bukan karena batas usia saja, tetapi karena tidak masuk dalam kloter tahun ini," katanya, dilansir Antara Selasa (7/6).

Dia mengungkapkan bahwa bagi JCH yang tertunda keberangkatannya pada tahun ini, akan diberangkatkan pada pelaksanaan ibadah haji pada 2023.

"Kami optimistis mereka yang tertunda masih bisa diberangkatkan pada 2023 atau tahun depan," katanya.

Dai menjelaskan pelaksanaan haji tahun ini Lampung mendapatkan kuota 3.198 orang, dengan jumlah sembilan kloter dari seharusnya kuota haji provinsi pada 2020 berjumlah 7.140 orang.

Ia merinci kloter untuk Provinsi Lampung, yakni pertama JCH asal Bandar Lampung masuk ke Asrama Haji Lampung pada Minggu (5/6/), dengan jumlah 387 orang.

Kloter kedua dari Kabupaten Lampung Tengah masuk Asrama Haji Selasa (7/6), dengan jumlah 387 orang.

Kemenag Lampung menyebutkan sekitar 3.500 jemaah calon haji (JCH) yang tertunda keberangkatannya pada ibadah haji tahun ini.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia