Ribuan JCH Lampung Mendaftar Haji, Ada Syarat Keberangkatan yang Harus Diperhatikan, Simak!

Senin, 04 Desember 2023 – 07:30 WIB
Ribuan JCH Lampung Mendaftar Haji, Ada Syarat Keberangkatan yang Harus Diperhatikan, Simak! - JPNN.com Lampung
Suasana di kompleks Masjidilharam, Makkah. Foto: Dok JPNN

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung mencatat sebanyak 8.315 di wilayah itu mendaftar sebagai Jemaah Calon Haji (CJH) selama 2023.

Dari ribuan JCH yang mendaftar terdapat pembatalan sejumlah 1.838 dan pelimpahan 663.

Setiap tahunnya, Provinsi Lampung mendapatkan jatah sebanyak 6.619 orang.

"Rata-rata mereka yang membatalkan karena JCH meninggal dunia," kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo, dilansir Antara, Senin (4/12).

Kanwil Kemenag Lampung juga mencatat daftar tunggu (waiting list) JCH di Lampung sebanyak 148.803 orang dengan massa tunggu selama 24 tahun.

Kemudian, lanjut dia, pelayanan haji juga memprioritaskan 10 persen JCH yang merupakan lanjut usia (lansia). Namun, meski demikian, mereka tetap wajib menyertakan rekomendasi kesehatan.

"Kuota lansia 10 persen, ini juga ada banyak kesalahpahaman karena banyak yang merasa sudah berumur 65 tahun lalu minta prioritas, tetapi memang kami melihat skala prioritasnya yang mana didahulukan adalah usia 85 tahun kemudian baru di bawahnya," kata dia.

Selain itu, pada penyelenggaraan ibadah haji tahun depan juga akan terdapat skema baru yang harus diperhatikan oleh JCH sebelum melakukan pelunasan, yaitu syarat istitha'ah kesehatan.

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung mencatat sebanyak 8.315 di wilayah itu mendaftar Jemaah Calon Haji
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia