MA Kabulkan Kasasi Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia yang di Skorsing

Jumat, 29 Juli 2022 – 16:40 WIB
MA Kabulkan Kasasi Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia yang di Skorsing  - JPNN.com Lampung
Mahasiswa yang di DO di Kantor LBH Bandar Lampung. Foto: LBH Bandar Lampung

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Mahkamah Agung RI mengabulkan permohonan kasasi mahasiswa teknik sipil Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Ahma Mu’fatus Sifa’i.

Putusan itu tertuang dalam surat amar putusan kasasi Nomor 325 K/TUN/2022, atas nama pemohon Ahmad Mu’fatus Sfa’i, yang diajukan pada April 2022 lalu.

Putusan MA itu membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan Nomor 262/B/2021/PT.TUN.MDN, pada 3 Februari 2022, yang menguatkan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung Nomor 24/G/2021/PTUN.BL, pada 13 Oktober 2021.

Kemudian, MA  juga membatalkan objek sengketa Surat Keputusan Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Nomor 005/UTI/B.3.3/II/2021, tertanggal 22 Februari 2021, tentang pemberian skorsing mahasiswa Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia.

Selanjutnya, mewajibkan tergugat untuk mencabut keputusan Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Nomor 005/UTI/B.3.3/II/2021, tertanggal 22 Februari 2021, tentang pemberian skorsing mahasiswa Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UTI.

Direktur LBH Bandar Lampung Sumaindra Jarwadi mengatakan sangat  menghormati putusan kasasi yang diputuskan oleh Mahkamah Agung.

"Putusan kasasi ini juga membantah tuduhan rektor melalui SK DO dan skorsing yang diterbitkannya pada mahasiswa, putusan ini merupakan buah dari perjuangan panjang mahasiswa yang menuntut keadilan atas pendidikan yang telah direnggut oleh pihak kampus," katanya, Jumat (29/7).

Dia mengatakan setidaknya hampir dua tahun mahasiswa harus berjuang menuntut keadilan sembari menyusun harapan untuk masa depan, sehingga terpaksa melanjutkan kuliahnya di kampus lain.

Mahkamah Agung RI mengabulkan permohonan kasasi mahasiswa teknik sipil Universitas Teknokrat Indonesia
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia