Fenomena Hujan Es Terjadi di Lampung Utara, Pihak BMKG Beri Penjelasan

Rabu, 26 Oktober 2022 – 19:00 WIB
Fenomena Hujan Es Terjadi di Lampung Utara, Pihak BMKG Beri Penjelasan  - JPNN.com Lampung
Hujan es. Foto : Tangkap layar

lampung.jpnn.com, SUMATERA UTARA - Beredar video di media sosial fenomena hujan es yang terjadi di Dusun III, Madukorobaru, Jangkarbumi, Kotabumi Utara, Lampung Utara. 

Informasi yang dihimpun, peristiwa yang terjadi pada Selasa (25/10/2022) sekitar pukul 16.31 WIB.

"Allahuakbar, allahuakbar, Allahuakbar hujan es," kata seorang pria dalam video tersebut.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung, Rudi Harianto mengatakan fenomena ini adalah hal yang biasa. 

"Fenomena hujan es adanya cuaca ekstrem, salah satu faktornya adalah ketika suatu wilayah sedang mengalami peralihan musim atau pancaroba dan ada awan kumulonimbus," katanya, Rabu (26/10). 

Dia menjelaskan istilah meteorologi hujan es dapat disebut hail. Fenomena ini dapat terjadi sangat singkat bahkan kurang dari satu jam.

Menurutnya, hujan es ini biasa terjadi di wilayah ekstratropis, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia, dan diperbaharui oleh beberapa faktor.

Rudi pun menuturkan bahwa hujan es tak jauh berbeda dengan hujan air biasa. Namun, yang menjadi berbeda pada proses kondensasi atau penguapan, yang mengubah menjadi partikel-partikel es dipengaruhi oleh suhu udara rendah di ketinggian. 

Beredar video di media sosial fenomena hujan es yang terjadi di Dusun III, Madukorobaru, Jangkarbumi, Kotabumi Utara, Lampung Utara. 
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia