Ribuan Vaksin LSD Telah Didistribusikan di Lampung

Jumat, 19 Mei 2023 – 14:59 WIB
Ribuan Vaksin LSD Telah Didistribusikan di Lampung - JPNN.com Lampung
Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Lily Mawarti. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) setempat telah menyalurkan sebanyak 10 ribu dosis vaksin lumpy skin disease (LSD) ke kabupaten kota.

"Vaksin sebanyak 10 ribu dosis yang diberikan Kementerian Pertanian (Kementan) sudah kami terima pekan lalu," ujar Kepala Disnakkeswan Provinsi Lampung Lily Mawarti, dilansir Antara, Jumat (19/5).

Lily menjelaskan vaksin LSD tersebut pun telah didistribusikan ke 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung sebagai salah satu upaya pencegahan persebaran LSD.

"Vaksin yang telah didistribusikan tersebut diharapkan segera disuntikkan, kabupaten dan kota harus aktif menyuntikkan vaksin LSD kepada ternaknya," katanya.

Dia mengatakan dengan total populasi sapi sebanyak 916.453 ekor pada 2022, dan alokasi vaksin berjumlah 10 ribu dosis tersebut masih belum mencukupi pemenuhan vaksinasi LSD bagi ternak di daerahnya.

"Estimasi kebutuhan vaksin LSD minimal 50 persen atau 400-500 ribu dosis dari populasi, bisa dibilang ini masih kurang," ucapnya.

Ia melanjutkan untuk memenuhi cakupan vaksinasi LSD bagi ternak di Lampung, pihaknya tengah berencana mengajukan tambahan vaksin di anggaran perubahan.

"Pembelian vaksin bisa pakai APBD, dan kita imbau juga kepada kabupaten serta kota untuk bisa mengajukan di APBD perubahan mereka," tambahnya.

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) setempat telah menyalurkan sebanyak 10 ribu dosis vaksin LSD
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News