Kabar Baik Petani Kelengkeng di Lampung Timur dari Gubernur Arinal

Selasa, 22 Agustus 2023 – 17:55 WIB
Kabar Baik Petani Kelengkeng di Lampung Timur dari Gubernur Arinal - JPNN.com Lampung
Gubernur Lampung (pegang buah kelengkeng) saat mendatangi petani di Lampung Timur. Foto: Biro Advim Pemprov Lampung

lampung.jpnn.com, LAMPUNG TIMUR - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta kepada jajarannya agar membantu petani kelengkeng di Kabupaten Lampung Timur.

Penekanan itu terkhusus kepada Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, BPPDAS, dan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Arinal mengatakan bahwa kelengkeng banyak manfaat untuk manusia. Pohon menghasilkan oksigen, memberikan keindahan, pohon rindang menciptakan suasana teduh, mendukung sektor pariwisata, dan memberi nilai ekonomis.

"Kalau satu batang bisa menghasilkan dua ratus kilogram dikali tiga puluh ribu rupiah, bisa menghasilkan Rp 6 juta. Kalau satu hektar ada 80 batang, tinggal dikalikan saja." Kata Arinal saat berbincang-bincang dengan petani Desa Gedung Dalam, di kebun kelengkeng milik Pak Jumadi.

"Ini bisa mengilhami masyarakat daerah lain. Kalau menanam singkong hasilnya berapa, kalau menanam kelengkeng hasilnya berapa," tambahnya.

Gubernur Arinal meyakini daerah di Lampung Timur ini berpotensi menjadi sentra kelengkeng. Pemerintah bisa meminta petani untuk menanam kelengkeng tanpa paksaan.

"Kalau Pak Jumadi ini bisa memberi tahu kemana-mana kalau dirinya sudah kaya, silakan petani lain ikuti. Tugas pemerintah membantu kontinuitas produksinya dan pasarnya. Nanti BPDAS, dinas kehutanan, dan Pemkab Lampung Timur, bisa diskusikan," imbuh Arinal.

Gubernur Arinal Djunaidi menjajikan untuk memberikan bantuan pompa air. Demikian sesuai dengan permintaan Pak Jumadi dan petani kelengkeng lain.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta kepada jajarannya agar membantu petani kelengkeng di Kabupaten Lampung Timur.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia