Puncak Arus Balik Diprediksi Mulai Hari Ini, Polda Lampung Siapkan Cara untuk Antisipasi Penumpukan Kendaraan

Sabtu, 13 April 2024 – 06:01 WIB
Puncak Arus Balik Diprediksi Mulai Hari Ini, Polda Lampung Siapkan Cara untuk Antisipasi Penumpukan Kendaraan - JPNN.com Lampung
Pengendara saat turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni. Foto: Sandi/ JPNN.com

lampung.jpnn.com, LAMPUNG SELATAN - Polda Lampung memprediksi arus balik Lebaran 2024 Masehi akan berlangsung sejak 13 sampai dengan 16 April 2024.

Polda Lampung akan melakukan persiapan-persiapan untuk mengantisipasi kepadatan atau penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni.

"Kami akan melakukan delaying system secara optimal dengan memperhitungkan secara detail jumlah kendaraan yang akan kembali, kapasitas dan jumlah kapal, waktu tempuh dan bongkar muat, kapasitas rest area dan bufferzone di jalan lintas serta fasilitas pendukungnya," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika melalui keterangan, Sabtu (13/4).

Jenderal bintang dua itu menjelaskan adapun delaying system akan dilaksanakan dengan membuat simbol warna dengan kategori hijau artinya normal.

Kemudian warna kuning artinya antrian berjarak 1 kilometer dari pintu gerbang pelabuhan, warna merah antrian berjarak 4 kilometer dari pintu gerbang pelabuhan.

Pada situasi kuning delaying system akan dilaksanakan dengan mengaktifkan lima rest area, dua bufferzone di jalan tengah dan dua bufferzone di jalan timur.

"Sedangkan pada situasi merah akan mengaktifkan semua rest area dan bufferzone," ujarnya.

Dia menambahkan terdapat delapan rest area di ruas tol menuju Pelabuhan Bakauheni, mulai dari km 215 B sampai dengan km 20 B, dengan kapasitas total 1200 kendaran.

Polda Lampung memprediksi arus balik Lebaran 2024 Masehi akan berlangsung sejak 13 sampai dengan 16 April 2024.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia