Gubernur Arinal: Bawaslu Harus Bersikap Luber dan Jurdil 

Rabu, 05 Oktober 2022 – 13:00 WIB
Gubernur Arinal: Bawaslu Harus Bersikap Luber dan Jurdil   - JPNN.com Lampung
Gubernur Lampung mengahdiri acara pengembangan pendidikan pengawasan pemilu. Foto: Humas Diskominfotik Lampung

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung agar menyelenggarakan pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia (luber) dan jujur adil (jurdil).

Menurut Arinal, hal itu hanya dapat terwujud apabila dilaksanakan oleh kelembagaan penyelenggara pemilu yang mempunyai integritas, profesionalitas dan akuntabilitas.

"Itu juga harus diiringi dengan implementasi sistem pengawasan secara terintegrasi, terstruktur dan sistematis yang dilaksanakan untuk memenuhi terselenggaranya amanat peraturan perundang-undangan," kata Arinal saat membuka acara pengembangan pendidikan pengawasan pemilu partisipatif 2022, Selasa (5/10).

Gubernur menegaskan bawaslu tidak akan bisa merealisasikan itu semua tanpa dukungan dari semua pihak dan masyarakat.

Salah satu langkah strategis yang harus dilakukan adalah dengan mengembangkan pengawasan pemilu partisipatif dengan melibatkan seluruh lini masyarakat.

Hal ini hanya dapat dicapai apabila masyarakat memiliki pengetahuan mengenai tugas-tugas pengawasan berdasarkan aturan-aturan dalam Perundangan Undangan yang berlaku.

Pengetahuan yang dimaksud diantaranya mengenai hal-hal yang tergolong pelanggaran dalam semua tahapan pemilihan, mekanisme pelaporan tindakan pelanggaran, dll.

"Melalui kegiatan yang dilaksanakan hari ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan semangat masyarakat untuk berperan aktif dalam pengawasan pemilu," ujarnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung agar menyelenggarakan pemilu secara langsung, umum, bebas
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News