Dokter Zam Zanaria Berikan Tips Sehat kepada Calon Jemaah Haji

Sabtu, 04 Juni 2022 – 07:35 WIB
Dokter Zam Zanaria Berikan Tips Sehat kepada Calon Jemaah Haji - JPNN.com Lampung
Dokter Zam Zanaiah (kanan) saat membahas perlindungan calon jemaah haji. Foto: Tim Kanjeng Zam

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Ketua Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Wilayah Lampung dr. Zam Zanariah sampaikan tips lancar menjalankan ibadah bagi calon jemaah haji (CJH).

Kanjeng Zam sapaannya mengatakan ada beberapa tips sehat dalam rangka perlindungan terhadap jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Menurut kanjeng Zam, perlu dilakukan pembinaan dan pelayanan kesehatan jamaah haji sebelum keberangkatan, hal ini dilakukan untuk mewujudkan istithaah (kemampuan) kesehatan jemaah haji.

"Kegiatan ini dilakukan karena kesehatan merupakan satu dari tiga syarat istithaah dalam melaksanakan ibadah haji, yaitu pengetahuan, ekonomi, dan kesehatan," katanya, Jumat (3/6).

Menurut kanjeng Zam istithaah kesehatan jemaah haji meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan. Sehingga, jemaah bisa menjalankan ibadah haji sesuai dengan syariat agama Islam.

Zam juga mengatakan kondisi kesehatan jemaah tidak baik karena faktor usia tentu akan ada pendampingan, terutama ketua kloter.

"Tipsnya harus tolong menolong bagi sesama jemaah satu kloter, memahami kondisi jemaah lansia, baiknya pihak keluarga juga ada yang ikut mendampingi," kata dr Zam

Rangkaian pemeriksaan istithaah kesehatan diantaranya pendaftaran, pengukuran anthropometri (berat badan, tinggi badan, lingkar perut), laboratorium (cek darah, urine dan dahak), radiologi, EKG dan pemeriksaan fisik. (mar10/jpnn)

Ketua Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Wilayah Lampung dr. Zam Zanariah sampaikan tips lancar menjalankan ibadah bagi calon jemaah haji

Redaktur & Reporter : Sandy Fernando

Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia