Tips Mencegah Lonjakan Kasus Covid-19 Varian Omicron

Sabtu, 18 Juni 2022 – 20:18 WIB
Tips Mencegah Lonjakan Kasus Covid-19 Varian Omicron - JPNN.com Lampung
Petugas Epidemiologi Indonesia. Foto: Antara/JPNN.com

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Cabang Lampung Ismen Mukhtar memberikan tips untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 akibat subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Menurutnya, untuk mengatasi hal tersebut dilakukan perbaikan sistem surveilans.

Dia menjelaskan sistem surveilans tersebut meliputi pelaksanaan tes Covid-19, pelacakan kasus kontak erat, melakukan karantina bagi yang berkontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif, serta melakukan perawatan bagi pasien.

"Melakukan tes tidak hanya kepada pelaku perjalanan, tetapi dilakukan juga kepada orang yang memiliki gejala menjurus kesana. Dari situ bisa melakukan pelacakan kasus," kata dia, dikutip Antara, Sabtu (18/6).

Dia menegaskan saat pelaksanaan karantina ataupun isolasi harus dilakukan dengan cermat, jangan sampai pasien keluar dari tempat karantina sebelum dinyatakan sembuh.

Selain itu perlu pula peran masyarakat untuk tidak sungkan melaporkan diri bila dirinya mengalami gejala serupa.

"Kalau lakukan sistem surveilans dengan terperinci, maka akan menolong rumah sakit dan dokter agar tidak terlalu berat menangani pasien," ujarnya.

Dia mengatakan tindakan preventif yang dilakukan sejak awal dengan cepat juga akan mengurangi dampak biaya yang besar untuk perawatan pasien.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Cabang Lampung Ismen Mukhtar memberikan tips untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 akibat subvarian Omicron BA.4
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News