5 Wilayah di Provinsi Lampung Terpapar Penyakit Mulut dan Kuku

Senin, 27 Juni 2022 – 07:22 WIB
5 Wilayah di Provinsi Lampung Terpapar Penyakit Mulut dan Kuku - JPNN.com Lampung
Peternakan sapi di Kabupaten Lampung Tengah. Foto: Dok Diskominfotik Provinsi Lampung

lampung.jpnn.com, LAMPUNG - Wakil Gubernur Lampung Chusnuniah Chalim mengungkapkan penyakit mulut dan kuku atau PMK kembali menyebar ke wilayah Lampung.

Saat ini sudah lima wilayah di Lampung sudah teridentifikasi PMK. Salah satunya yang terbaru yaitu Kota Metro.

"Lima wilayah itu yakni Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Timur, dan Kota Metro," kata Nunik sapaan Wagub Chusnuniah Chalim, melalui keterangan Kominfotik Lampung pada Minggu (26/6).

Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung hingga 24 Juni 2022 ternak yang tersuspek PMK sebanyak 430 ekor, terkonfirmasi positif 43 ekor, yang mati 4 ekor, potong paksa 16 ekor, sembuh 275 ekor, dan yang sedang sakit 135 ekor.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di seluruh Lampung telah mengambil langkah-langkah pencegahan dan penanganan PMK.

Di antaranya adalah dengan melakukan pembatasan lalu lintas ternak dari luar daerah.

Selain itu pemerintah juga membentuk satuan tugas dan unit reaksi cepat penanggulangan PMK agar tidak terjadi penyebaran dari daerah suspek ke kabupaten lainnya.

"Hari ini kami mendapatkan bantuan 37 ribu dosis vaksin PMK dari pemerintah pusat dan akan disistribusikan ke 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung," ucap Chusnunia

Wakil Gubernur Lampung Chusnuniah Chalim mengungkapkan penyakit mulut dan kuku atau PMK kembali menyebar ke wilayah Lampung.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News