Kualitas Lulusan FK Unila Dikaitkan dengan OTT Prof Karomani, Senator Lampung Berkomentar

Senin, 29 Agustus 2022 – 08:00 WIB
Kualitas Lulusan FK Unila Dikaitkan dengan OTT Prof Karomani, Senator Lampung Berkomentar - JPNN.com Lampung
Dokter Jihan Nurlela berkomentar soal kualitas FK Unila Dikaitkan dengan Korupsi Rektor Unila. Foto: Tim Dokter Jihan

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Senator Lampung dr. Jihan Nurlela buka suara terkait terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Karomani oleh KPK beberapa waktu lalu.

Anggota DPD RI perwakilan wilayah Lampung itu menanggapi pihak yang menjudge dokter alumni Fakultas Kedokteran (FK) Unila sebagai dokter yang tidak kompeten akibat Prof Karomani terjaring OTT KPK.

Memang, buntut dari OTT KPK itu soal kasus masuk jurusan kedokteran Unila melalui jalur mandiri.

"Dokter adalah tenaga profesional. Dalam proses pendidikannya melalui banyak sekali tahap pembelajaran dan ujian kompetensi yang ketat," kata dr. cantik itu, seusai menghadiri pelantikan IKadatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung di Hotel Swissbel, Minggu (28/8).

Adik kandung Wakil Gubernur Lampung ini menjelaskan di dalam masa pendidikan pre-klinik merupakan sistem pembelajaran yang berbeda dengan mahasiswa jurusan lain.

Sistem yang diterapkan adalah sistem terbaik yang menunjang para mahasiswa yang siap untuk melanjutkan pendidikan profesi (Coass).

"Setelah Coass pun kami tidak lantas lulus begitu saja di jenjang kampus jika tidak berhasil lulus ujian kompetensi mahasiswa program profesi dokter (UKMPPD) dilevel nasional. Jadi, banyak sekali tahapan penyaringan untuk menjadi seorang profesional dokter. Jika pun ada mahasiswa yang masuk dengan jalur yang tidak sesuai, dia pasti akan kesulitan melalui proses ini," jelasnya.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat tidak mudah percaya dengan isu miring yang berkembang tersebut.

Senator Lampung dr. Jihan Nurlela buka suara terkait terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Rektor Universitas Lampung
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia