Gunung Anak Krakatau Erupsi, Begini Ungkapan Trauma Warga Pulau Sebesi

Rabu, 04 Januari 2023 – 21:22 WIB
Gunung Anak Krakatau Erupsi, Begini Ungkapan Trauma Warga Pulau Sebesi  - JPNN.com Lampung
Gunung Anak Krakatau Erupsi. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, LAMPUNG SELATAN - Gunung Anak Krakatau (GAK) terjadi erupsi pada Rabu, 4 Januari 2023 sekitar pukul 15.09 WIB.

GAK erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ± 3.000 meter di atas puncak (± 3.157 meter di atas permukaan laut). 

Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 65 mm dan durasi sementara ini ± 1 menit 37 detik.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Anak Krakatau Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan Andi Suwardi mengatakan kondisi GAK saat ini berada pada level III.

Dia mengimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan wisatawan dilarang mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius lima kilometer.

"Masyarakat, pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak boleh mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif," imbuhnya, dilansir Antara, Rabu (4/1).

Salah seorang kepala dusun di Pulau Sebesi Riko mengatakan, masyarakat Pulau Sebesi merasa resah atas sering terjadinya erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Iya mas kami warga merasa resah atas sering terjadinya erupsi Gunung Anak Krakatau," kata Riko saat dihubungi dari Bandarlampung.

Gunung Anak Krakatau (GAK) terjadi erupsi pada Rabu, 4 Januari 2023 sekitar pukul 15.09 WIB.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News