PLN Bangun Kerja Sama Pengembangan EBT dengan Perusahaan EPC di Beijing

Senin, 22 Mei 2023 – 13:07 WIB
PLN Bangun Kerja Sama Pengembangan EBT dengan Perusahaan EPC di Beijing - JPNN.com Lampung
Kunjungan kerja Direktur PLN ke Beijing. Foto: Humas PLN

lampung.jpnn.com, BEIJING - PT PLN (Persero) kembali melakukan kesepakatan bisnis untuk pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Hal itu disepakati dalam kunjungan bisnis ke China oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo ke perusahaan konstruksi (Engineering, Procurement, Construction/EPC) China Communications Construction Dredging Co., Ltd (CCCC) di Beijing.

" Kunjungan ini sekaligus untuk menyepakati kerja sama pengembangan transisi energi di Indonesia," kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo melalui keterangan tertulisnya, Senin (22/5).

Dia menjelaskan saat ini perusahaannya sedang mempercepat pembangunan pembangkit EBT, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) dan pembangkit listrik pumped storage di Indonesia.

Dengan menggandeng CCCC, yang merupakan perusahaan konstruksi terbesar di China diharapkan bisa mempercepat proses transisi energi dari energi fosil menuju EBT guna mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060 ke depan.

"Kerja sama yang telah terbangun antara PLN dan CCCC diharapkan bisa mempercepat pembangunan pembangkit EBT. Dengan demikian, Indonesia akan semakin mempercepat proses transisi energi," ujar Darmawan.

Selain kerja sama yang telah disebutkan di awal, dengan segudang pengalaman yang dimiliki oleh CCCC, PLN bisa menyerap ilmu dari perusahaan tersebut serta berdiskusi hingga berkolaborasi dalam pembangunan infrastruktur EBT, Liquid Natural Gas (LNG) dan terminal untuk gasifikasi .

CCCC sendiri merupakan perusahaan yang telah terlibat dalam banyak proyek besar di Tiongkok dan luar negeri. Beberapa proyek terbesarnya termasuk pembangunan jembatan Teluk Hangzhou, pelabuhan terbesar di dunia yang berlokasi di Shanghai, serta pembangunan Bendungan Tiga Ngarai di Tiongkok.

PT PLN (Persero) kembali melakukan kesepakatan bisnis untuk pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News