PLN Berikan Tips Nyaman Menggunakan Listrik saat Musim Hujan 

Senin, 13 November 2023 – 16:15 WIB
PLN Berikan Tips Nyaman Menggunakan Listrik saat Musim Hujan  - JPNN.com Lampung
Petugas PLN memperbaiki saluran listrik. Foto: Dok PLN Lampung

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Manager Komunikasi dan TJSL PLN Unit Induk Distribusi Lampung Elok Faiqoh Saptining Ratri menyampaikan tips agar tetap nyaman menggunakan listrik saat musim hujan.

Menurutnya, hal yang kerap terjadi ketika musim hujan kondisi kelistrikan adalah konsleting atau hubung singkat. 

Dampak hujan menjadi sangat buruk ketika tidak dapat mengantisipasi hal-hal tersebut, terutama ketika saat dekat dengan berbagai peralatan kelistrikan.

Dia mengatakan, konsleting dapat terjadi ketika instalasi kelistrikan tidak dalam kondisi baik, seperti kabel yang terkelupas akibat termakan usia, atau terkena tetesan air hujan ketika terjadi kebocoran atap rumah.

"Jadi, harus memastikan bahwa seluruh komponen pada instalasi kelistrikan dalam kondisi prima," kata dia melalui keterangan, Senin (13/11).

Elok juga memaparkan, selain konsleting, salah satu dampak akibat hujan adalah banjir. Ketika suatu lokasi mengalami banjir,  peralatan elektronik menjadi sangat rentan terhadap air dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Maka, berikut beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk menjaga keamanan listrik ketika banjir :

1. Mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB) atau termis pada kwh meter. Hal ini untuk menghindari bahaya tersengat aliran listrik.

2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi aman.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN Unit Induk Distribusi Lampung Elok Faiqoh Saptining Ratri menyampaikan tips agar tetap nyaman menggunakan listrik saat hujan
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia