Ratusan Tempat Pemotongan Hewan Korban di Metro Lampung Akan Dipantau

Rabu, 21 Juni 2023 – 09:35 WIB
Ratusan Tempat Pemotongan Hewan Korban di Metro Lampung Akan Dipantau  - JPNN.com Lampung
Kabid Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro Lina Oktira. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, METRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Lampung, memantau 350 titik penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah di daerahnya.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro Lina Oktira mengatakan pemantauan itu tujuannya untuk memeriksa kesehatan terhadap hewan kurban.

Pemantauan tersebut dilakukan oleh tim dokter hewan dan relawan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro.

"Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan kelaikan hewan yang akan dijadikan kurban mulai dari kesehatan maupun usianya," katanya, dikutip Antara, Rabu (21/6).

Lina menjelaskan pemantauan tersebut akan dilakukan dua kali, yakni sehari sebelum Idul Adha, dan pada saat penyembelihan hewan kurban. Nantinya, pada pemantauan pertama petugas akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban atau pemeriksaan antemortem.

"Pemeriksaan yang kedua atau post mortem nanti kami lakukan pemeriksaan pada organ dalam hewan kurban itu," katanya.

Dari kedua pemeriksaan tersebut, petugas kesehatan akan memberikan rekomendasi apakah hewan kurban tersebut layak dikonsumsi atau tidak.

"Ya rekomendasi yang keluar seperti itu. Apakah hewan kurban itu layak dikonsumsi atau tidak layak dan juga bisa dikonsumsi tetapi dengan catatan," ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Lampung, memantau 350 titik penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah di daerahnya.

Redaktur & Reporter : Sandy Fernando

Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News