Gunung Anak Krakatau Kembali Meletus Belasan Kali, Masyarakat Diimbau Waspada

Rabu, 19 Juli 2023 – 22:20 WIB
Gunung Anak Krakatau Kembali Meletus Belasan Kali, Masyarakat Diimbau Waspada  - JPNN.com Lampung
Gunung Anak Krakatau. Foto: source for JPNN.com

lampung.jpnn.com, LAMPUNG SELATAN - Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda, di Lampung Selatan kembali mengeluarkan letusan sebanyak 15 kali pada Rabu 19 Juli 2023.

Letusan GAK itu mencapai ketinggian abu asap sekitar 200 meter.

"Letusan GAK itu hingga pukul 13.40 WIB, sebanyak 15 kali," kata Kepala Pos Pantau GAK di Hargopancuran, Lampung Selatan, Andi Suardi, dilansir Antara, Kamis (19/7).

Menurutnya, erupsi GAK itu masih sama dengan aktivitas sebelumnya yang mengeluarkan letusan sebanyak 53 kali.

Pada hari ini letusan terjadi dari pukul 00.00 sampai dengan 14.00 WIB sudah terjadi 15 kali letusan.

"Kemarin meletus sebanyak 53 kali, hingga saat ini belum ada tanda-tanda penurunan aktivitas Gunung Anak Krakatau," kata dia.

Andi mengimbau agar masyarakat dan nelayan untuk waspada dan tidak mendekati kawasan Gunung Anak Krakatau pada radius lima kilometer.

"Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada level III siaga dengan rekomendasi masyarakat, nelayan, pendaki gunung tidak mendekati gunung ini dengan radius 5 kilometer," demikian Andi Suardi.

Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda, di Lampung Selatan kembali mengeluarkan letusan sebanyak 15 kali pada Rabu 19 Juli 2023.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia