Bahaya Penyakit Hepatitis Bagi Ibu Hamil, Dinkes Lampung Selatan Beri Pelayanan Gratis di Puskesmas

Sabtu, 29 Juli 2023 – 17:15 WIB
Bahaya Penyakit Hepatitis Bagi Ibu Hamil, Dinkes Lampung Selatan Beri Pelayanan Gratis di Puskesmas - JPNN.com Lampung
Ilustrasi gambar penyakit hepatitis. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, LAMPUNG SELATAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan meminta kepada ibu hamil untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, termasuk hepatitis.

Penyakithepatitis B di Indonesia sebagian besar ditularkan dari ibu ke anak.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Lampung Selatan, Basuki Didik Setiawan mengatakan saat ini seluruh di puskesmas yang ada di kabupaten itu bisa melayani pemeriksaan penyakit hepatitis secara gratis.

"Ada program skrining hepatitis B yang dilaksanakan secara gratis guna mencegah penularan hepatitis B dari ibu hamil yang positif ke bayinya," kata dia, dikutip Antara, Sabtu (29/7). 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Pambudi mengatakan bahwa hepatitis B di Indonesia sebagian besar ditularkan dari ibu ke anak.

"Kondisi itu memungkinkan terjadinya hepatitis B yang kronis," katanya dalam agenda Hari Hepatitis Sedunia ke-14 Tahun 2023 yang diikuti dalam jaringan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan penularan hepatitis B dari ibu yang terinfeksi kepada anak merupakan salah satu penyebab tingginya prevalensi hepatitis B di Indonesia.

Berdasarkan data Riskesdas 2013, prevalensi hepatitis B (HBsAg) secara umum sebesar 7,1 persen atau setara sekitar 18 juta warga Indonesia.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan meminta kepada ibu hamil untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan agar terhindar dari hepatitis
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia