Gangguan Kejiwaan di Lampung Selatan Capai Ribuan Orang, Dinkes Lamsel Ungkap Faktornya

Minggu, 15 Oktober 2023 – 19:09 WIB
Gangguan Kejiwaan di Lampung Selatan Capai Ribuan Orang, Dinkes Lamsel Ungkap Faktornya - JPNN.com Lampung
Petugas Dinkes Lamsel menangani orang gangguan jiwa. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, LAMPUNG SELATAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Provinsi Lampung mencatat sebanyak 1.633 kasus gangguan jiwa di kabupaten tersebut.

Ribuan kasus gangguan jiwa itu terhitung dari awal Januari hingga akhir September 2023.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Lampung Selatan Jamaluddin mengatakan dari bulan ke bulan memang mengalami penurunan.

Di mana kasus yang paling banyak dialami pada  Januari 2023 yang mencapai 455 orang.

"Januari 455, Februari 233, Maret 236, April 187, Mei 119, Juni 117, Juli 112, Agustus 95, dan September ada 79 kasus," bebernya, dikutip Antara, Minggu (15/10).

Menurutnya, terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kasus gangguan jiwa, di antaranya memiliki keluarga dengan riwayat gangguan jiwa.

Dia menjelaskan, kasus gangguan jiwa yang banyak terjadi berupa skizofrenia atau gangguan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, merasakan, dan berperilaku dengan baik, dan psikotik akut atau gangguan mental yang ditandai dengan diskoneksi dari kenyataan.

"Ada juga orang dengan gangguan jiwa karena memiliki persoalan hidup pribadi, sehingga menjadi penyebab seseorang terkena gangguan jiwa," katanya lagi.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mencatat sebanyak 1.633 kasus gangguan jiwa di kabupaten tersebut.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News