Tiga Pekon Lahan Perkebunan di Tanggamus Lampung Dilalap Si Jago Merah

Jumat, 20 Oktober 2023 – 07:59 WIB
Tiga Pekon Lahan Perkebunan di Tanggamus Lampung Dilalap Si Jago Merah  - JPNN.com Lampung
Gabungan TNI Polri dan Pemkab Tanggamus memadamkan karhutla. Foto: Dok Polres Tanggamus

lampung.jpnn.com, TANGGAMUS - Tiga pekon di Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Lampung mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kebakaran itu meluas sekitar 70 hektare lahan perkebunan masyarakat setempat.

Petugas gabungan melakukan pemadaman dengan menggendong semprotan dan berjalan kaki lantaran lokasi yang sulit dijangkau.

Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra mengatakan kebakaran lahan itu terjadi  Pekon Gunung Kasih, Pekon Banjar Agung Ilir, dan Pekon Gunung Tiga.

"Api sudah padam. Namun kami masih melakukan pemantauan di lokasi untuk antisipasi adanya titik api," kata Hadi, sapaan akrabnya, melalui pesan tertulis diterima, Jumat (20/10).

Hadi mengatakan aparat gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, BPBD, Damkar terpaksa melakukan pemantauan dan pemadaman sejumlah titik api yang masih ada dengan berjalan kaki serta mengendarai sepeda motor.

"Akses menuju lokasi kebakaran tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Kendaraan Damkar stand by di dusun terdekat, sementara personel bergerak menggunakan motor dan berjalan kaki," kata Hadi.

Di beberapa lokasi di perkebunan itu, masih ditemukan adanya titik api. Untuk mengantisipasi agar api tidak meluas, dilakukan pembatasan jarak untuk melokalisir penyebaran api.

Tiga pekon di Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Lampung mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia