Kesbangpol Menilai Indeks Demokrasi di Lampung Meningkat

Kamis, 29 September 2022 – 12:46 WIB
Kesbangpol Menilai Indeks Demokrasi di Lampung Meningkat  - JPNN.com Lampung
Kepala Kesbangpol Provinsi Lampung M. Firsada. Foto: Ruth/ Antara

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Lampung menilai angka indeks demokrasi di daerahnya mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Kepala Kesbangpol Provinsi Lampung M. Firsada mengatakan penilaian ini menjadi suatu pencapaian yang cukup baik.

Dia menjelaskan penilaian yang dirilis 2021 ini angka pengukuran indeks demokrasi khusus Lampung sebesar 80,18, naik dibanding tahun sebelumnya yaitu 72,79.

"Indeks demokrasi ini baru dirilis pada tahun ini dan nilainya cukup baik dari tahun sebelumnya. Di mana pada 2020 berada di angka 72,79, sementara pada 2019 angkanya 72,56 serta tahun ini masuk dalam delapan besar secara nasional," ujarnya, dilansir Antara, Kamis (29/9).

Dia mengatakan indeks demokrasi Lampung itu berasal dari beberapa kriteria penilaian seperti kebebasan berpendapat sebesar 76, lalu kesetaraan 81 dan kapasitas lembaga demokrasi 81.

"Untuk Provinsi Lampung ini dinilai cukup baik dari beragam aspek karena semua nilainya rata, di mana kebebasan sebanyak 76, kesetaraan 81, dan kapasitas lembaga demokrasi 81. Ini cukup baik sebab melebihi RPJMD," ucapnya.

Menurutnya, target indeks demokrasi di Lampung dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebesar 75.

"Dengan adanya pengukuran ini dapat menjadi cerminan bahwa situasi di Lampung cukup kondusif menjelang Pemilu. Untuk terus menjaga ini maka perlu menjalin komunikasi dan toleransi di semua aspek," ujar dia.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Lampung menilai angka indeks demokrasi di daerahnya mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia