DPR, Bintara Polda Lampung Titip Calon Mahasiswa Baru Unila Ke Dekan

Selasa, 31 Januari 2023 – 20:21 WIB
DPR, Bintara Polda Lampung Titip Calon Mahasiswa Baru Unila Ke Dekan - JPNN.com Lampung
Proses sidang penerimaan mahasiswa baru kasus suap Unila. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI hingga Bintara Polda Lampung pernah menitipkan calon mahasiswa baru ke Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila).

Hal itu dikatakan Dekan Fakultas Pertanian Unila Irwan Sukri Banuwa, dalam persidangan kasus suap penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unila 2022, di Pengadilan Negeri Tanjung Karang, Bandar Lampung.

"Pada 2022 ada 41 orang yang menitipkan calon mahasiswa ke saya dan hanya satu yang tidak lulus masuk Unila," kata dia, dikutip Antara, Selasa (31/1).

Dia mengungkapkan bahwa mahasiswa yang dititipkan ke dirinya merupakan titipan dari kolega dekatnya yang seluruhnya dikenal olehnya.

"Ya, semua yang menitipkan calon mahasiswa, saya mengenalnya," kata dia.

Dalam persidangan tersebut Jaksa Penuntut Umum memperlihatkan bukti-bukti mahasiswa yang dititipkan oleh Dekan Pertanian tersebut di antaranya PNS Bapepeda Lampung, Bintara Polda Lampung, rekan bisnis, cucu mantan Bupati Mesuji, Anggota DPRD Lampung, Anggota DPR RI Komisi 10, serta orang-orang d internal fakultas pertanian.

"Dari mereka yang meninitpkan, saya tidak sama sekali menerima hadiah atau uang. Itu semua karena ingin membantu saja," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa setelah menerima titipan, melaporkannya ke Wakil Rektor I Heryandi dan menyerahkam daftar calon mahasiswa titipan ke panitia seleksi penerimaan mahasiswa baru Helmi.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI hingga Bintara Polda Lampung pernah menitipkan calon mahasiswa baru ke Dekan Fakultas Pertanian Unila
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News