Lampung Jalur Favorit Penyelundupan Burung Liar

Jumat, 22 Desember 2023 – 09:37 WIB
Lampung Jalur Favorit Penyelundupan Burung Liar - JPNN.com Lampung
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadila Astutik. Foto: Humas Polda

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Provinsi Lampung adalah wilayah yang merupakan jalur favorit pelaku burung liar Sumatera ke Jawa.

Kabid Humas Polda Lampung Komisaris Besar (Kombes) Umi Fadilah Astutik mengatakan dari beberapa kali tangkapan upaya penyelundupan itu diketahui sejumlah fakta di lapangan.

"Memang Lampung ini termasuk jalur favorit untuk penyelundupan burung-burung liar, jalur darat melalui Lampung memiliki biaya rendah," kata Umi, melalui keterangan diterima, Jumat (22/12).

Fakta ini juga terungkap dalam analisa Balai Karantina Lampung bersama Yayasan Flight Indonesia.

Analisa yang dituangka dalam laporan berjudul "Burung Sumatera di Bawah Tekanan" itu menyebutkan ribuan burung dengan status dilindungi diperdagangkan secara ilegal dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Tak terhitung sudah berapa kali upaya penyelundupan burung-burung liar itu digagalkan di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni oleh kepolisian serta Balai Karantina Lampung.

Namun, pelaku penyelundupan seolah tidak kapok, para pelaku terus berusaha mengirim satwa liar ke Pulau Jawa.

Berdasarkan catatan Polda Lampung, pada 2019 sebanyak lima kasus ditangani, kemudian pada 2020 sebanyak 12 kasus, tahun selanjutnya 2021 sebanyak 14 kasus, dan periode 2022 sebanyak 22 kasus.

Provinsi Lampung adalah wilayah yang merupakan jalur favorit pelaku penyeludupan burung liar Sumatera ke Jawa.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia