Puan Maharani Beber Kisah Presiden Pertama di Indonesia, Ternyata Bung Karno Seorang

Minggu, 08 Mei 2022 – 19:31 WIB
Puan Maharani Beber Kisah Presiden Pertama di Indonesia, Ternyata Bung Karno Seorang - JPNN.com Lampung
Ketua DPR RI Mbak Puan Maharani. Foto: Ricardo/ JPNN.com

lampung.jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI yang juga cucu dari Presiden Pertama RI Soekarno, Puan Maharani mengungkapkan bahwa kakeknya itu pernah menjadi pedagang kain saat dibuang Belanda ke Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

"Kakek saya mencari tambahan penghasilan dengan menjual pakaian dari sebuah toko tekstil di Bandung," tutur Puan, saat dilansir dari JPNN.com, Minggu (8/7).

Puan Maharani menjelaskan bahwa Bung Karno saat itu bekerja sama dengan pengusaha tekstil asal Kota Bandung yang memang sudah lama menjadi kenalannya.

Dari hasil berdagang itu, Soekarno mendapat komisi sepuluh persen dari setiap barang yang dijualnya.

Berperan di balik munculnya istilah halalbihalal Bung Karno berkeliling dari rumah ke rumah membawa contoh pakaian yang ditawarkan.

"Bung Karno saat itu tahu betul kain yang dijualnya bakal laku, karena harganya lebih murah dari toko-toko di Ende. Kualitas kainnya juga lebih baik," kata Puan.

Setelah ada yang tertarik dan memesan kain, Bung Karno lalu mengirimkan uang via pos wesel ke toko itu.

Selang beberapa waktu, kain pesanan tersebut pun datang.

Presiden Pertama RI Soekarno, Puan Maharani mengungkapkan bahwa kakeknya itu pernah menjadi pedagang kain saat dibuang Belanda ke Ende, Flores, NTT
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia