Puan Maharani Beber Munculnya Halalbihalal, Ternyata

Minggu, 01 Mei 2022 – 16:09 WIB
Puan Maharani Beber Munculnya Halalbihalal, Ternyata - JPNN.com Lampung
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

lampung.jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1443 Hijrah.

Hari Raya Idulfitri atau Lebaran dikenal dengan yang namanya halalbihalal.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan istilah halalbihalal adalah istilah yang muncul setelah pertemuan antara Presiden pertama RI Soekarno dan ulama pendiri Nahdlatul Ulama, KH Abdul Wahab Hasbullah.

Puan mengisahkan, pada 1948 atau tiga tahun pasca-merdeka, Indonesia dilanda gejala disintegrasi bangsa. Para elite politik saling bertengkar, tidak mau duduk dalam satu forum, sementara pemberontakan terjadi di mana-mana.

Di pertengahan bulan Ramadan tahun 1948, Bung Karno pun memanggil KH Wahab Chasbullah ke istana negara untuk dimintai pendapat dan sarannya dalam mengatasi situasi politik Indonesia yang tidak sehat.

Kemudian KH Wahab memberi saran kepada kakek Puan Maharani itu untuk menyelenggarakan silaturahmi, sebab sebentar lagi Hari Raya Idulfitri.

“Mendengar saran itu, Bung Karno menyanggah dan menganggap silaturahmi memang sudah biasa dilakukan umat Islam tiap lebaran,” ujar Puan, dilansir dari JPNN.com, Minggu (1/5).

KH Wahab pun akhirnya mengusulkan istilah halalbihalal pada Bung Karno. KH Wahab saat itu menganggap para elite politik tidak mau bersatu karena mereka saling menyalahkan.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan istilah halalbihalal adalah istilah yang muncul setelah pertemuan antara Presiden pertama RI Soekarno dan ulama
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia