Tarian Melinting Asal Lampung Akan Tampil di Istana Negara, Simak Ulasannya

Minggu, 14 Agustus 2022 – 10:05 WIB
Tarian Melinting Asal Lampung Akan Tampil di Istana Negara, Simak Ulasannya - JPNN.com Lampung
Ilustrasi- Penari Melinting asal Lampung Timur saat pawai di kegiatan Festival Krakatau 2019. Foto: ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Tari Melinting adalah tarian tradisional Kerajaan Melinting yang ada di Lampung Timur.

Tarian ini akan tampil di Istana Negara pada HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung Qodratul Ikhwan mengatakan Tari Melinting diberikan ruang untuk tampil di Istana Negara menjelang upacara pada pagi hari dan penurunan bendera di sore hari.

"Jadi, nanti musik akan terus bermain sembari penari menyambut tamu," kata Qodratul, dilansir Antara Bandar Lampung, Minggu (14/8).

Eks Kepala Dinas Pariwisata ini mengungkapkan terpilihnya Tari Melinting untuk tampil di Istana Negara pada upacara HUT Ke-77 RI Rabu, 17 Agustus 2022, merupakan permintaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

"Ini permintaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi keberangkatan para penari Tari Melinting menuju Istana Negara," katanya.

Dia mengatakan, nantinya akan dikirim sebanyak delapan orang penari Tari Melinting beserta pemain musik gamelan Lampung sebagai musik pengiring tari tradisional khas Lampung Timur itu.

"Tari ini memang tari khas kerajaan Melinting yang ada di Lampung Timur, biasa dibawakan oleh empat penari pria dan empat penari wanita yang menggunakan pakaian adat. Beberapa puluh tahun lalu memang tarian ini pernah tampil di Istana Negara juga," tambahnya.

Tari Melinting adalah tarian tradisional Kerajaan Melinting yang ada di Lampung Timur. Tarian ini akan tampil di Istana Negara pada HUT ke-77 RI
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia