5 Dermaga Kemenhub Diserahkan ke Pemprov Lampung, Salah Satunya Akan Difungsikan Pelabuhan Logistik

Selasa, 09 Januari 2024 – 19:51 WIB
5 Dermaga Kemenhub Diserahkan ke Pemprov Lampung, Salah Satunya Akan Difungsikan Pelabuhan Logistik - JPNN.com Lampung
Kadis Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menyerahkan kebijakan pengelolaan lima dermaga kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

Lima pelabuhan pengumpan regional yang diserahkan di antaranya Pelabuhan Regional Teluk Betung, Pelabuhan Regional Sebalang.

Kemudian Pelabuhan Pengumpan Regional Labuhan Maringgai, Pelabuhan Pengumpan Regional Menggala, dan Pelabuhan Pengumpan Regional Mesuji.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo menjelaskan Pelabuhan Sebalang segera dioperasikan sebagai pelabuhan umum dalam tiga tahun mendatang.

Ke depan, Pelabuhan Sebalang juga akan difungsikan untuk angkutan penumpang. Namun, untuk saat ini pemerintah daerah akan memfungsikan untuk dermaga logistik.

"Di sana nanti akan menjadi pelabuhan umum seperti Pelabuhan Panjang, logistik seperti batu bara, pasir, komoditas dan ternak yang melalui Pelabuhan Panjang akan dialihkan melalui Pelabuhan Sebalang," katanya, seperti dikutip Antara, Selasa (9/1).

Bambang menjelaskan lahan di Pantai Sebalang mencapai seluas 28 hektare. Selain itu ada juga lahan milik swasta seluas 300 hektare.

"Lahan milik swasta itu dapat dikerja samakan serta bisa dikembangkan lagi. Namun, yang jelas Pelabuhan Sebalang ini akan digunakan untuk mengangkut logistik terlebih dahulu," ujarnya.

Kementerian Perhubungan RI menyerahkan kebijakan pengelolaan lima dermaga kepada Pemerintah Provinsi Lampung.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia