Pemerintah Miliki Jurus Jitu untuk Pengendalian Inflasi

Rabu, 22 November 2023 – 19:00 WIB
Pemerintah Miliki Jurus Jitu untuk Pengendalian Inflasi - JPNN.com Lampung
Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat acara pengendalian inflasi. Foto: Biro Adpim

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Provinsi Lampung menempati urutan kedua terendah di Pulau Sumatera setelah Provinsi Bangka Belitung dalam penanganan inflasi pada 2023.

Tercatat tahun ini secara kumulatif tahunan sebesar 2,41 persen, yang artinya masih dalam rentang target inflasi 2023 yang ditetapkan pada kisaran 2 sampai 4 persen.

Namun, pemerintah tentu memiliki jurus jitu untuk menekan angka inflasi tersebut.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal melalui keterangan tertulis, Rabu (22/11).

Dia menyebut dalam mengendalikan inflasi, pemerintah daerah herus berpedoman pada strategi 4K yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif.

Berpedoman pada strategi keterjangkauan harga. Menurutnya, jika terjadi peningkatan harga di pasar, maka harus segera dilakukan upaya intervensi dari pemerintah daerah seperti operasi pasar.

"Kami akan segera melakukan operasi pasar untuk beras dan komoditas lain, kami juga sudah menugaskan kepada BUMD untuk bersama-sama dengan disperindag," kata Fahrizal, Rabu (22/11).

Sekdaprov Fahrizal berpendapat ada beberapa upaya yang dapat dilakukan masyarakat jika terjadi kelangkaan ketersediaan pasokan bahan pokok seperti menanam cabai di rumah.

Provinsi Lampung menempati urutan kedua terendah di Pulau Sumatera setelah Provinsi Bangka Belitung dalam penanganan inflasi pada 2023.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia