Jokowi Menyatakan Kondisi Perekonomian di Indonesia Saat Ini Baik, Lihat Persentase di Sini

Kamis, 01 Desember 2022 – 13:40 WIB
Jokowi Menyatakan Kondisi Perekonomian di Indonesia Saat Ini Baik, Lihat Persentase di Sini - JPNN.com Lampung
Presiden RI Joko Widodo saat menggelar kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Tranfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2023 kepada Gubernur seluruh Indonesia secara virtual, Kamis (1/12). Foto: Diskominfotik Lampung

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memaparkan bahwa kondisi ekonomi dunia sedang bergejolak.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menggelar kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Tranfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2023 kepada Gubernur seluruh Indonesia secara virtual, Kamis (1/12).

Jokowi mengatakan hal itu berbeda dengan kondisi ekonomi Indonesia merupakan yang terbaik, bahkan Managing Director IMF mengatakan bahwa di tengah dunia yang gelap, Indonesia adalah titik terang.

Hal tersebut seiring dengan terus membaiknya angka pertumbuhan ekonomi Indonesia dan angka inflasi indonesia yang masih terkendali diangka 5.8 persen di saat rata-rata inflasi dunia diatas 10 persen bahkan ada yang sampai 75 persen serta nilai angka perdagangan dunia Indonesia yang selalu surplus selama 30 bulan berturut-turut.

"Kita harus tetap waspada dan berhati-hati, keadaan saat ini ekonomi global sedang tidak dalam kondisi yang normal, kita semua harus memiliki sense of crisis, harus siap mengantisipasi segala kemungkinan," ucapnya.

Presiden juga menyatakan bahwa APBN menjadi Instrumen stabilitas untuk mengendalikan inflasi, kemudian sebagai perlindungan sosial kepada masyarakat yang rentan, serta APBN juga harus mampu mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Untuk itu APBN 2023 difokuskan pada 6 kebijakan, yaitu penguatan kualitas SDM, akselerasi sistem perlindungan sosial, melanjutkan pembangunan infrastruktur prioritas, pembangunan untuk menumbuhkan sentra ekonomi baru, revitalisasi industri dan pemantapan reformasi dan birokrasi serta regulasi.

Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto usai mengikuti kegiatan tersebut menyatakan bahwa fokus anggaran APBD Provinsi Lampung 2023 akan mengikuti prisoritas pembangunan nasional.

Jokowi mengatakan hal itu berbeda dengan kondisi ekonomi Indonesia merupakan yang terbaik
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia