BI Lampung: TPID Harus Melakukan Tips 4K untuk Mencegah Kenaikan Pangan Akhir Tahun

Jumat, 08 Desember 2023 – 05:42 WIB
BI Lampung: TPID Harus Melakukan Tips 4K untuk Mencegah Kenaikan Pangan Akhir Tahun  - JPNN.com Lampung
Pedagang cabai di pasar tradisional. Foto: Ricardo/JPNN

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi memberikan tips mencegah kenaikan harga pangan pada akhir tahun.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Lampung Irfan Farulian mengatakan Tim Pengendalian Onflasi Daerah (TPID) dalam mencegah kenaikan harga pangan di akhir tahun yakni dengan melakukan strategi 4K.

"Kami bersama TPID ada strategi 4K yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif. Ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga pangan di akhir tahun," katanya.

Dia menjelaskan untuk menjaga keterjangkauan harga dapat dilakukan dengan melakukan operasi pasar secara terjadwal, memperluas komoditas operasi pasar sesuai dengan karakteristik serta risiko inflasi daerah, mensinergikan kebijakan operasi pasar dengan kebijakan pemerintah lainnya dan bersinergi dengan kelembagaan, Satgas Pangan dan Bulog, kemudian melakukan penguatan inovasi digitalisasi.

Kemudian dalam menjaga ketersediaan pasokan dapat dilakukan dengan perluasan implementasi pertanian digital untuk meningkatkan produktivitas. Perluasan replikasi praktik baik klaster pangan, penguatan inovasi metode tanam termasuk perluasan pemanfaatan pupuk organik, penguatan hilirisasi dan kerja sama dengan mitra.

Untuk menjaga kelancaran distribusi maka harus melakukan peningkatan efektivitas kerja sama antar daerah melalui sinergi dan optimalisasi fasilitas kebijakan pemerintah.

"Kemudian penguatan BUMD pangan, perluasan kerja sama antar daerah bagi komoditas yang berisiko mengalami kenaikan harga, melakukan inovasi, penguatan implementasi dan efektivitas subsidi ongkos angkut," ucapnya.

Irfan melanjutkan perlu juga peningkatan komunikasi yang efektif melalui peningkatan sosialisasi terkait penggunaan produk olahan sebagai upaya diversifikasi produk segar, penguatan koordinasi antar tim pengendali inflasi daerah, serta melakukan optimalisasi data dan teknologi.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi memberikan tips mencegah kenaikan harga pangan pada akhir tahun
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia