Antisipasi Kebakaran Listrik, PLN Periksa KWH Meter ke Rumah Pelanggan

Senin, 05 Desember 2022 – 21:50 WIB
Antisipasi Kebakaran Listrik, PLN Periksa KWH Meter ke Rumah Pelanggan - JPNN.com Lampung
PLN cegah kebakaran listrik. Foto: PLN UID Lampung

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - PLN UID (Unit Induk Distribusi) Lampung melaksanakan pengecekan alat pengukuran atau kWh meter di tempat pelanggan.

Dalam pemeriksaan kWh meter, PLN memastikan kWh meter dan Miniature Circuit Breaker (MCB) berfungsi baik sebagai pengukur dan pembatas listrik ke rumah pelanggan.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi potensi bahaya kebakaran akibat korsleting atau arus pendek listrik.

General Manager PLN UID Lampung I Gede Agung Sindu Putra  mengatakan dalam memastikan pasokan listrik yang andal dan aman untuk dimanfaatkan masyarakat, PLN melakukan inspeksi rutin dan pemeriksaan seluruh terhadap aset jaringan listrik dari pembangkit hingga perangkat kwh meter yang dipasang di rumah pelanggan.

"Dalam hal pemeriksaan terhadap kWh meter di rumah atau persil pelanggan, PLN memastikan kWh meter dan MCB atau termis berfungsi baik sebagai pengukur dan pembatas arus listrik," ujarnya.

Petugas PLN yang melakukan pemeriksaan akan memeriksa apakah kWh meter dan MCB pada kondisi normal dan aman, tidak ada kelainan sesuai daya berlangganan.

"Jika petugas menemukan kelainan pada kWh meter dan/atau MCB, ini dapat menjadi potensi besar untuk terjadinya kebakaran, untuk itu masyarakat diminta untuk tertib dalam menggunakan listrik," tegasnya.

Dia menjelaskan bahwa batas kewenangan PLN adalah mulai dari gardu distribusi hingga ke kWh meter. Sedangkan instalasi listrik setelah kWh meter menjadi hak dan kewenangan pelanggan, sehingga perangkat KWh meter dan MCB yang terpasang di rumah pelanggan merupakan aset PLN.

PLN UID (Unit Induk Distribusi) Lampung melaksanakan pengecekan alat pengukuran atau kWh meter di tempat pelanggan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News