Beri Kuliah Umum di Way Kanan, Agus Fatoni Berpesan Begini kepada Ratusan Kepala Sekolah

Rabu, 14 Desember 2022 – 16:33 WIB
Beri Kuliah Umum di Way Kanan, Agus Fatoni Berpesan Begini kepada Ratusan Kepala Sekolah - JPNN.com Lampung
Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Dirjen Bina Keuda) Kementerian Dalam Negeri Agus Fatoni berpose dengan ratusan peserta acara Peningkatan Kapasitas Kompetensi Kepala Sekolah se-Kabupaten Way Kanan, Lampung, di Hotel Horison Bandar Lampung, Sabtu (10/12/2022). Foto: Dirjen Keuda Kemendagri

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Kemendagri memberikan kuliah umum pada sebuah acara Peningkatan Kapasitas Kompetensi Kepala Sekolah se-Kabupaten Way Kanan, Lampung, di Hotel Horison Bandar Lampung, Sabtu (10/12/2022).

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Dirjen Bina Keuda) Kementerian Dalam Negeri Agus Fatoni mengatakan kegiatan pembekalan dan uji kompetensi tersebut diikuti 383 kepala sekolah SD hingga SMP, serta 16 Guru Penggerak.

Dalam paparannya, Agus Fatoni mengatakan, setiap kepala sekolah harus selalu meng-upgrade kemampuan dan kapasitasnya karena tugasnya yang makin berat.

"Tugas kepala satuan pendidikan saat ini lebih berat, dibutuhkan upaya meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran materi mengajar kepada siswa secara kreatif dan inovatif agar memiliki soft skill sebagai ASN agar dapat menghadapi tantangan perubahan," ungkap Fatoni.

Putra asli Lampung ini menjelaskan, kepala sekolah yang memiliki kapasitas yang baik maka akan mudah menyelesaikan permasalahan. 

"Kapasitas yang baik akan melahirkan gagasan yang baik. Ide-ide kreatif, inovatif akan muncul sehingga mampu memberikan solusi," kata lulusan program doktor Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran ini.

Menurutnya, kepala sekolah dan guru bukan hanya mengajar tetapi mendidik mental dan akhlak para anak didiknya agar memiliki karakter yang baik di sekolah dan masyarakat.

“Sebagai kepala sekolah dan guru , lakukan dengan semuanya dengan ikhlas. Bentuk akhlak, mental, menanamkan perilaku baik dan menjadi contoh bagi anak didik. Fokus saja mendidik dan jangan sibuk mengurus administrasi BOS dan proyek. Urusan itu serahkan sama bagian administrasi dan ahlinya saja," tegasnya.

Kemendagri memberikan kuliah umum pada Peningkatan Kapasitas Kompetensi Kepala Sekolah se-Kabupaten Way Kanan, Lampung, di Hotel Horison Bandar Lampung, Sabtu.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News