Hasil Survei Indopol, Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Polri Meningkat

Rabu, 04 Januari 2023 – 17:00 WIB
Hasil Survei Indopol, Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Polri Meningkat  - JPNN.com Lampung
Hasil survei Indopol kepercayaan publik terhadap polri membaik. Foto: Bid Humas Polda Lampung

lampung.jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Indonesia Political Survey (Indopol Survey) mencatat tingkat kepercayaan publik terhadap polri meningkat sebesar 69.35 persen di penghujung 2022.

Direktur Eksekutif Indopol Survey Ratno Sulistiyanto mengatakan angka ini meningkat dari bulan-bulan sebelumnya. Survei Indopol pada November 2022 lalu tingkat kepercayaan terhadap kinerja polri sebesar 60.98 persen.

Ratno menjelaskan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap polri disebabkan beberapa faktor.

Di antaranya naiknya kepercayaan publik terhadap Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang naik dari 63,99 persen pada November 2022 menjadi 70,72 persen pada Desember 2022.

"Angka ini mendekati posisi tertinggi 72,93 persen pada Januari 2022," kata dia melalui keterangan tertulis, Rabu (4/1).

Menurutnya, dengan demikian, Jokowi telah membuka dan menutup Tahun 2022 dengan sangat baik. Kepercayaan publik terhadap Pemerintahan Jokowi ini juga terjadi pada bidang-bidang kehidupan, misalnya dalam penegakan hukum (64.68 persen), penyelenggaraan demokrasi (70,93 persen), dan pemberantasan korupsi (55,65 persen).

Basis terbesar kepercayaan terhadap Pemerintahan Jokowi berasal dari Jawa Tengah-DIY (90 persen), Jawa Timur (77 persen), Sulawesi (74 persen), dan Bali-NTB-NTT (71 persen).

"Dampak dari kepuasan publik terhadap Pemerintahan Jokowi berimbas terhadap kepercayaan publik terhadap kinerja Polri. Hal ini tidak bisa dihindari mengingat polri merupakan bagian dari aparatur pemerintah," ujarnya.

Lembaga Indonesia Political Survey (Indopol Survey) mencatat tingkat kepercayaan publik terhadap polri meningkat sebesar 69.35 persen di penghujung 2022.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News