2 Kota di Lampung Mengalami Inflasi pada Januari 2023, Deputi BI Ungkap Penyebabnya

Kamis, 02 Februari 2023 – 08:35 WIB
2 Kota di Lampung Mengalami Inflasi pada Januari 2023, Deputi BI Ungkap Penyebabnya  - JPNN.com Lampung
Bank Indonesia Wilayah Lampung. Foto: Dok BI

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Indeks Harga Konsumen (IHK) dua kota di Provinsi Lampung pada Januari 2023 tercatat mengalami inflasi sebesar 0,82 persen (mtm).

Dua kota di Lampung itu yakni Kota Bandar Lampung dan Metro.

Angka itu lebih tinggi dibandingkan periode Desember 2022 yang mengalami inflasi sebesar 0,62 persen (mtm).

Tercatat rata-rata inflasi Januari pada tiga tahun terakhir yang tercatat sebesar 0,66 persen (mtm). Tingkat inflasi IHK tersebut lebih tinggi dari IHK nasional yang mengalami inflasi sebesar 0,34 persen (mtm).

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Tony Noor Tjahjono mengatakan secara tahunan, inflasi gabungan kota di Provinsi Lampung pada Januari 2023 tercatat sebesar 5,95 persen (yoy), lebih tinggi jika dibandingkan dengan inflasi nasional sebesar 5,28 persen (yoy).

Di lihat dari sumbernya, inflasi gabungan dua kota di Provinsi Lampung pada Januari 2023 didorong oleh kenaikan harga pada beberapa komoditas seperti, rokok kretek filter, cabai merah, cabai rawit, beras, dan bawang merah dengan andil masing-masing sebesar 0,174 persen.

"Kenaikan harga komoditas rokok kretek filter disebabkan oleh kenaikan tarif cukai rokok sebesar 10 persen yang diterapkan pada 2023," kata dia, Kamis (2/2).

Selanjutnya dari sisi komoditas pangan, peningkatan harga aneka cabai dan bawang merah disebabkan oleh penurunan pasokan dari Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Indeks Harga Konsumen (IHK) dua kota di Provinsi Lampung pada Januari 2023 tercatat mengalami inflasi sebesar 0,82 persen (mtm).
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News