Perekonomian di Lampung triwulan IV 2022 Mengalami Pertumbuhan Positif

Selasa, 07 Februari 2023 – 07:15 WIB
Perekonomian di Lampung triwulan IV 2022 Mengalami Pertumbuhan Positif - JPNN.com Lampung
Bank Indonesia Wilayah Lampung. Foto: web BI Lampung

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung pada triwulan IV 2022 mengalami pertumbuhan tren positif yaitu sebesar 5,05 persen (yoy).

Angka itu lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya yang tercatat 3,94 persen (yoy).

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Lampung Budiyono mengatakan pertumbuhan ekonomi pada triwulan laporan ditopang oleh kinerja Pembentukkan Modal Tetap Bruto (PMBT) yang meningkat jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, serta kinerja konsumsi rumah tangga (RT) dan sektor eksternal (ekspor) yang tetap tumbuh positif.

"Namun, mengalami perlambatan. Secara nominal, perekonomian Lampung pada triwulan IV 2022 berdasarkan ADHB tercatat sebesar 103,76 triliun dan berdasarkan ADHK (2010) sebesar Rp 63,36 triliun," kata dia melalui keterangan tertulis, Selasa (7/2).

Secara keseluruhan pada 2022, perekonomian Provinsi Lampung tumbuh 4,28 persen (yoy), meningkat jika dibandingkan dengan realisasi pada 2021 yang tumbuh 2,77 persen (yoy).

Dari sisi pengeluaran, pemulihan kinerja Konsumsi rumah tangga (RT) mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi Lampung pada 2022, di tengah melambatnya komponen pengeluaran lainnya.

Perkembangan tersebut sejalan dengan normalisasi kegiatan usaha di era new normal yang didukung oleh peningkatan mobilitas masyarakat dan akselerasi pertumbuhan kredit, baik kredit konsumtif maupun kredit produktif.

"Di sisi lain melambatnya kinerja investasi dan ekspor, serta menurunnya konsumsi pemerintah terutama disebabkan oleh realisasi pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang di bawah target, normalisasi Indeks Harga Komoditas Ekspor Indonesia (IHKEI), dan realisasi belanja APBD yang hanya tercatat sebesar 88,32 persen, lebih rendah jika dibandingkan 92,89 persen pada tahun sebelumnya," jelasnya.

Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung pada triwulan IV 2022 mengalami pertumbuhan tren positif yaitu sebesar 5,05 persen (yoy).
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News