IDI Lampung Minta Nakes Pakai Pita Hitam saat Bertugas

Kamis, 27 April 2023 – 07:30 WIB
IDI Lampung Minta Nakes Pakai Pita Hitam saat Bertugas - JPNN.com Lampung
Imbauan pemakaian pita hitam oleh IDI Lampung. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Lampung meminta semua dokter di kabupaten dan kota di provinsi ini mengenakan pita hitam saat bertugas sebagai bentuk empati atas kejadian-kejadian yang dialami teman sejawat dalam beberapa waktu terakhir.

Ketua IDI Lampung dr Josi Harnos MARS mengatakan gerakan memakai pita hitam ini digaungkan oleh IDI terhadap dua kejadian besar yang menimpa profesi dokter.

Peristiwa yang pertama, yakni pemecatan sepihak salah seorang dokter yang juga guru besar kami yang bertugas oleh RS Kariadi Semarang.

Kemudian ke dua penganiayaan dokter yang bertugas di Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat oleh oknum warga yang sedang melakukan pengobatan.

"Ini merupakan bentuk empati dan keprihatinan kami atas apa yang telah terjadi saat ini, maka saya pun mengimbau seluruh dokter agar dapat memakai pita hitam saat bertugas di lengan kiri," katanya seperti dikutip Antara, Kamis (27/4).

Menurutnya, pada kasus penganiayaan terhadap dokter internship di Lampung Barat, seharusnya oknum tersebut tidak memakai bahasa kekerasan bila ingin komplain ataupun tidak sesuai dengan pelayanan yang diberikan oleh dokter tersebut.

"Kan semua bisa dibicarakan, ada cara-cara tertentu untuk menyampaikan ketidaksesuaian dalam pelayanan tak perlu sampai ada kekerasan fisik, karena bila ada laporan kami pun akan turun melakukan evaluasi terhadap dokter tersebut, jadi tak perlu menggunakan cara-cara yang melanggar hukum," kata dia.

Dia pun berharap kejadian-kejadian seperti ini tidak terulang lagi di Indonesia, baik pemecatan secara sepihak ataupun penganiayaan terhadap tenaga kesehatan.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Lampung meminta semua dokter di kabupaten dan kota di provinsi ini mengenakan pita hitam
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News