Waspada, Kasus Hewan Rabies di Pesibar Lampung Tinggi, Sebegini Jumlah Korban

Sabtu, 04 November 2023 – 07:34 WIB
Waspada, Kasus Hewan Rabies di Pesibar Lampung Tinggi, Sebegini Jumlah Korban  - JPNN.com Lampung
Nakes hewan saat memeriksa kucing. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, PESISIR BARAT - Hewan penular rabies sangat berbahaya bagi kesehatan orang. Pengendalian penyakit ini tentu harus ditekan oleh pemerintah.

Gigitan hewan rabies ini tercatat begitu tinggi terjadi di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat mencatat selama periode Januari sampai dengan Oktober 2023 telah menangani 94 kasus gigitan hewan penular rabies.

"Kasus gigitan hewan penular rabies di Tanggamus yang sudah ditangani Dinkes dan yang terlaporkan ada 94 kasus," kata Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Bambang Sutejo, dikutip Antara, Sabtu (4/11).

Kasus gigitan hewan penular yang terjadi di daerah tersebut diketahui dari laporan seluruh puskesmas yang ada di Tanggamus.

Dia menjelaskan, kasus gigitan hewan rabies yang terjadi di Kabupaten Tanggamus ini mayoritas akibat gigitan anjing, sedangkan sisanya akibat gigitan kucing dan kera.

Hewan rabies yang menggigit warga tersebut tidak hanya hewan peliharaan, tetapi juga ada kasus gigitan binatang liar. Seluruh korban langsung dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pengobatan.

Dia menambahkan, meski kasus gigitan hewan penular rabies cukup tinggi di wilayah itu, namun tidak ada laporan korban jiwa hingga saat ini.

Gigitan hewan rabies ini tercatat begitu tinggi terjadi di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia