Pemkot Bakal Sediakan Vaksinasi Rabies Masal di Bandar Lampung

Selasa, 06 Juni 2023 – 20:15 WIB
Pemkot Bakal Sediakan Vaksinasi Rabies Masal di Bandar Lampung  - JPNN.com Lampung
Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung Agustini. Foto: Dian/Antara

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung mengagendakan segera melakukan vaksinasi rabies secara massal bagi hewan peliharaan untuk mencegah adanya kasus rabies.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung Agustini, seperti dilansir Antara, Selasa (6/6).

"Kami sedang susun rencana, mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat terlaksana vaksinasi massal rabies," kata dia.

Dia menyampaikan bahwa dinas pertanian setempat sudah mengajukan anggaran untuk pengadaan vaksin rabies sebanyak 2.000 vial ke pemkot agar dapat segera melakukan vaksinasi kepada hewan peliharaan masyarakat. 

"Sekarang sedang dalam pengajuan, mudah-mudahan bulan depan datang vaksinnya, dan rencana kami kegiatan vaksinasi rabies akan dilakukan di seluruh kecamatan di kota ini," ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa pada 2023 ini terdapat satu kasus rabies yang diakibatkan oleh gigitan hewan peliharaan. Namun, hal tersebut sudah cepat ditangani sehingga tidak berakibat fatal.

"Ada satu kasus terkonfirmasi positif rabies yang kami temukan setelah dilakukan tes laboraturium, tetapi kalau kasus gigitan itu terdapat empat kasus tapi tiga lainnya negatif rabies," jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa hewan-hewan peliharaan seperti kucing, anjing, monyet memang berpotensi menularkan penyakit rabies kepada manusia baik dari cakaran maupun gigitannya, sehingga memang sangat perlu dilakukan vaksinasi untuk mengantisipasinya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung mengagendakan segera melakukan vaksinasi rabies secara massal bagi hewan peliharaan untuk mencegah adanya kasus rabies.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News