Polda Lampung Mulai Rancang Mudik 2024 Lancar, Terapkan Buffer Zone

Selasa, 19 Maret 2024 – 03:37 WIB
Polda Lampung Mulai Rancang Mudik 2024 Lancar, Terapkan Buffer Zone - JPNN.com Lampung
Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Foto: Polda Lampung

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Polda Lampung telah menetapkan sejumlah titik buffer zone di Tol Lampung untuk mengatasi potensi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni selama periode arus mudik-balik Lebaran 2024.

Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Komisaris Besar (Kombes) Umi Fadilah Astutik menjelaskan bahwa buffer zone tersebut merupakan skema penundaan perjalanan kendaraan guna menghindari kemacetan di pelabuhan.

Buffer zone ini terdiri dari sembilan titik kantung  kendaraan yang telah disiapkan di rest area jalan Tol Lampung ruas Terbanggi-Bakauheni (Bakter) jalur B menuju Pelabuhan Bakauheni.

"Titik-titik tersebut meliputi rest area KM 87B, KM 67B, KM 49B, KM 33B, dan KM 20B," kata dia, Senin (18//3).

Selain itu, buffer zone di tol  juga tersedia di Jalan Arteri atau jalan non-tol di Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera), terutama di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

"Buffer zone di Jalinsum ini berada d Terminal Agribisnis Gayam, Rumah Makan (RM) Gunung Jati, RM Tiga Saudara, dan Kantor Lama Balai Karantina Pertanian," jelasnya.

Umi juga menekankan bahwa untuk menghindari kemacetan di sekitar pelabuhan, pembelian tiket akan dibatasi dengan radius larangan sejauh 4,24 KM dari titik tengah pelabuhan terluar.

"Jadi, pembelian tiket kapal tidak bisa di area pelabuhan, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan," tutupnya. (mar10/jpnn)

Polda Lampung telah menetapkan sejumlah titik buffer zone di Tol Lampung untuk mengatasi potensi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni selama periode arus

Redaktur & Reporter : Sandy Fernando

Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News